Wah! Asap Putih Mengepul di Puncak Gunung Agung

LSM PELIK – Karangasem, Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50-200 m di atas kawah puncak Gunung Agung.

Berdasarkan laporan I Dewa Made Merthe Yasa, dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Agung mengatakan, untuk periode pengamatan pada Jumat (29/9/2017) sekira 00:00-06:00 Wita secara meteorologi cuaca cerah. Sementara angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 20-23 °C dan kelembaban udara 90-92%.

Secara kegempaan, untuk gempa vulkanik dangkal terjadi 40 kali, vulkanik dalam terjadi 125 kali, tektonik lokal 5 kali, dan terasa 1 kali. “Tingkat aktivitas Gunung Agung Level IV (Awas),” ujarnya.

Untuk rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada di zona bahaya, tidak melakukan pendakian, dan tidak melakukan aktivitas apa pun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 9 km dari Kawah Puncak Gunung Agung, yang mana ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 12 km.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual. Data terakhir pada Kamis 28 September jumlah pengungsi tembus 134.229 jiwa.

(Sumber : news.okezone.com)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *