WADUH..!! Warga Miskin Balikpapan Naik

LSM PELIK – Balikpapan, Warga miskin alias berstatus kurang mampu di Kota Balikpapan diprediksi mengalami kenaikan. Dilansir KPFM.com, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan Abdul Aziz mengatakan, peningkatan jumlah warga miskin dikarenakan kondisi ekonomi Kaltim khususnya Balikpapan yang sempat merosot. “Kalau trennya pasti meningkat,” kata Abdul Aziz.

Saat ini, pihaknya masih sementara melakukan pendataan kembali jumlah warga kurang mampu di Kota Balikpapan melalui program Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM). Dikatakannya, saat ini banyak warga miskin yang belum terdata dengan baik. Sementara ada 9.563 orang berstatus kurang mampu. Itu yang masuk dalam daftar pembagian program Beras Sejahtera (Rastra), dan itu data tahun 2015.

“Nah data itu kan setiap dua tahun diperbarui. Makanya ini kami akan perbarui lagi melalui MPM,” jelas Aziz. Disebutkannya, program pendataan warga kurang mampu melalui MPM tersebut diprediksi akan selesai pada akhir Oktober 2017 mendatang. Setelah itu, hasilnya akan disampaikan ke Pemerintah Pusat.

“Nanti akan kita rekomendasikan ke wali kota, gubernur. Setelah itu diserahkan ke Pusat. Untuk sekarang ini pendataannya sedang berjalan dan tinggal pelaksanaan entry data saja. Sekarang mekanismenya mereka (warga) yang mendaftar ke kelurahan bahwa mereka kurang mampu, nanti laporannya akan kita verifikasi,” papar Aziz.

Untuk verifikasi, lanjut Aziz, akan mempertimbangkan beberapa hal menyangkut kesejahteraan, di antaranya penghasilan, pengeluaran dan tempat tinggal.

“Setelah melapor ke kelurahan bahwa yang bersangkutan kurang mampu, kami akan verifikasi dengan melihat beberapa hal, yaitu penghasilan per bulan, pengeluaran per bulan dan kondisi rumah,” pungkas Aziz.

(Sumber : kaltim.prokal.co)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *