Tradisi Nikah Unik di China: Balutan Perak di Sekujur Tubuh Wanita

LSM PELIK – Nanjing,┬áDesa kecil bernama Hongxi di China memiliki peraturan keras tentang pernikahan. Wanita boleh menikah dengan balutan perak diseluruh tubuh mereka.

Diintip Humas Pelik dari BBC, Senin (16/10/2017) Desa Hongxi berada di Nanjing China. Desa ini memiliki Suku Miao yang dikenal sebagai kerajinan peraknya.

Perak dari Miao dibuat handmade. Ini membuat perak-perak tersebut memiliki ukiran yang detail dan tak ada yang sama satu lain.

Peraturan menikah Miao sangat jelas. Wanita dilarang menikah tanpa menggunakan perak. Bahkan, mempelai wanita tidak pantas disebut wanita jika tidak menggunakan perak saat pernikahannya.

Mungkin yang terbayang dibenak traveler adalah kalung atau gelang perak tipis yang menghiasi penampilan. Bukan!

Mempelai wanita harus memakai kerajinan perak yang beratnya bisa mencapai 10 kg. Perak-perak ini dibuat menjadi gelang, kalung, gelang kaki, cincin, anting dan hiasan kepala.

Semua atribut ini harus digunakan bertumpuk memenuhi badan mempelai wanita. Bisa dibayangkan, mempelai wanitanya berbalut perak.

Mempelai wanita akan berbalut perak. Lalu bagaimana dengan mempelai laki-laki dan keluarga? Mereka semua juga diharuskan untuk memakai perak.

Salah satunya, Wu, yang merupakan seorang gadis dari keluarga pengrajin perak. Menurut keterangannya, kebanyakan dari Suku Miao sudah tinggal di kota dan meninggalkan budaya yang ada.

Namun, Wu tetap bersikeras untuk melestarikan budaya leluhurnya walaupun ia tinggal di kota. Ia ingin anak-anaknya nanti pun mengenal dan mencintai budayanya seperti yang ia lakukan.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *