THR Cair, Optimisme Konsumen di Bulan Mei Meningkat

Optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia pada bulan Mei 2018 meningkat dibanding bulan sebelumnya. Bank Indonesia (BI), pada Rabu (6/6/3028) merilis Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2018 sebesar 125,1. Angka ini meningkat dibandingkan dengan bulan April 2018 sebesar 122,2. “Keyakinan konsumen yang lebih tinggi didorong oleh peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) khususnya Indeks Penghasilan dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama,” sebut laporan BI.

Untuk peningkatan IKE, pada bulan Mei ini meningkat sebesar 5,9 poin dari bulan sebelumnya menjadi 116,1. Peningkatan ini didukung oleh meningkatnya indeks penghasilan pada bulan Mei sebesar 130,8 poin dari sebelumnya 121,2 poin. Angka ini tumbuh 9,6 dibandingkan periode April 2018.

Adapun Indeks Pembelian Barang Tahan Lama pada bulan Mei sebesar 123, meningkat 9,1 dari bulan sebelumnya sebelumnya sebesar 113,9. “Kenaikan ini terjadi seiring dengan penerimaan Tunjangan Hari Raya ( THR) dan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” sebut BI dalam laporannya.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sedikit menurun dari bulan sebelumnya terutama disebabkan oleh melemahnya ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga mengindikasikan penurunan tekanan inflasi pada 3 bulan mendatang (Agustus 2018) dari bulan sebelumnya. Hal itu tercermin pada Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 180,0, lebih rendah dari 183,6 pada bulan sebelumnya.

Angka tersebut menunjukkan konsumen memperkirakan menurunnya tekanan kenaikan harga dengan dipengaruhi oleh normalnya kembali permintaan pasca Hari Raya dan terjaganya pasokan barang, baik makanan maupun nonmakanan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *