Soal Hoaks, DPR Heran Ada Orang Mau Jadi Tumbal Kepentingan Oknum

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Arteria Dahlan merasa heran karena maraknya hoaks dan ujaran kebencian itu lantaran adanya pelaku yang rela berkorban demi kepentingan oknum tertentu.

“Penegakan hukum atas kasus tersebut cukup berat, namun kendalanya ada orang yang mau jadi korban atau jadi tumbal untuk kepentingan yang lebih besar,” katanya kepada¬†Okezone, Selasa (13/3/2018).

Sebab itu, selain soal ketegasan hukum, persoalan hoaks dan ujaaran kebencian ini juga merupakan tanggung jawab bersama dengan memperkaya wawasan sehingga tidak ada ruang berita yang menyesatkan serta membelah persatuan.

“Kita mengatakan bahwa sebisa mungkin semua pihak untuk menjauhi penyebaran berita bohong . maupun juga berita yang bernansa ujaran kebencian, harus semuanya siap. Siap penegakan hukumnya, siap masyarakat juga siap,” tuturnya.

Jika masyarakat sudah memiliki wawasan yang cukup, maka sehebat apapun berita hoaks atau ujaran kebencian menyerang, hal itu dipastikan tidak akan laku dijual.

“Sehingga masyarakat kalau bisa kritis ini enggak akan laku juga itu. Jadi, untuk mampu menyelesaikan permasalahan ini secara bersama ini enggak bisa diselesaikan kalau masyarakatnya tidak melek hukum enggak melek pendidikan. Enggak tersadarkan maunya begitu terus,” tutupnya.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *