Penertiban Truk Batu Bara, Tunggu Instruksi Bupati

Penertiban terhadap truk pengangkut batu bara yang melintas di wilayah Kabupaten Paser masih menunggu instruksi dari Bupati Yusriansyah Syarkawi.

Menurut Kabid Hubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) HM Guntur, pihaknya tidak boleh sembarangan melakukan penindakan tanpa koordinasi dengan instansi terkait.

Untuk melakukan penindakan, menurutnya, terlebih dahulu akan dibentuk tim gabungan. Dishub Paser tidak dapat bergerak sendiri. Butuh dukungan TNI, Polri, maupun Satpol PP lantaran keterbatasan personel.

“Setelah ada keputusan Bupati, maka penindakan segera dilakukan. Kami harap masyarakat dapat bersabar dan bekerja sama dalam memberikan informasi jika dibutuhkan,” aku Guntur, Minggu (8/4).

Untuk diketahui, ada delapan poin yang dihasilkan dari pertemuan di tingkat provinsi tentang hauling batu bara yang menggunakan jalan negara Kuaro-Batu Aji, 29 Maret lalu. Hasil pertemuan tersebut memutuskan bahwa kegiatan pengangkutan batu bara di jalan negara itu melanggar peraturan daerah (perda) serta peraturan gubernur (pergub) Kaltim, sehingga pelakunya harus diproses.

Poin pertama, Pemprov Kaltim akan melakukan cek perizinan penggunaan jalan yang dilakukan perusahaan. Kedua adalah perda dan pergub tetap berlaku, ketiga perlu membuat keputusan dengan menurunkan tim terpadu. Keempat, laporan tim disampaikan untuk ditindaklanjuti.

Kelima, tim provinsi akan turun, namun tindakan awal Dishub akan berkoordinasi dengan Polres Paser untuk melakukan penindakan. Keenam, DPRD Paser memanggil perusahaan berkaitan dengan keluhan masyarakat. Ketujuh, DPRD Provinsi berkoordinasi dengan bupati dan jajaran serta FKPD bersama tim terpadu untuk mengambil tindakan mengenai terhadap keluhan masyarakat. Sedangkan poin terakhir, hasil laporan tim terpadu akan ditindaklanjuti berupa sanksi administrasi sesuai ketentuan yang berlaku.

(Sumber : prokal.co)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *