Ini Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, hanya 47 Detik Saja!

LSM PELIK – Skotlandia, melakukan perjalanan udara memang dapat mempersingkat waktu. Bahkan, jarak beratus-ratus kilometer dapat dipersingkat hanya dengan beberapa jam saja. Ya, itulah kecanggihan teknologi transportasi udara.

Namun, pernahkah Anda membayangkan baru duduk di dalam kursi pesawat dan harus turun dalam hitungan detik? Jika belum, maka Anda harus siap-siap tercengang mendengar kabar yang satu ini. Pasalnya, ada penerbangan pesawat yang bahkan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik saja! Penasaran?

Melansir dari Business insider, Selasa (26/9/2017), dari ujung Skotlandia, pengunjung dan penduduk dapat melakukan penerbangan terpendek di dunia. Jelas saja terpendek karena dalam sekali terbang, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 90 detik saja! Atau setara dengan satu setengah menit. Dapatkah Anda membayangkannya?

Penerbangan tersebut bermula dari Westray ke Papa Westray di Kepulauan Orkney yang berjarak 1,7 mil atau setara dengan 2,7 lebih kilometer. Bila dilihat dari jaraknya saja sudah teramat jelas penerbangan dapat berjalan sangat singkat, sebab jarak yang ditempuh pun juga cukup dekat.

Penerbangan tersingkat lainnya bahkan pernah terjadi selama 47 detik. Kala itu, kondisi angin pun mendukung penerbangan singkat karena cukup baik.

Penerbangan yang sungguh teramat singkat dan dekat ini telah berjalan selama lebih dari setengah abad lamanya. Sepanjang tahun, jadwal penerbangan seringkali disesuaikan dengan cuaca. Penumpang yang mengambil penerbangan singkat di salah satu pesawat berisi 8 penumpang Scotsea milik Loganair.

Wilayah lainnya yang juga memiliki rute penerbangan terpendek, yaitu Belize, yang memang sudah terkenal dengan salah satu praktik penerbangan terpendek di dunia, yang mencakup jarak sejauh 2,4 mil antara Caye Caulker dan Kapel Caye, yang hanya membutuhkan waktu dua menit.

Sementara Skotlandia jadi Negara teratas dengan penerbangan terpendek secara keseluruhan. Maskapai yang memegang rekor penerbangan internasional terpendek berasal dari Austria. Pesawat tersebut menyeberang dari Swiss ke Jerman hanya membutuhkan waktu delapan menit.

Namun, sayangnya, praktik penerbangan singkat antar negara yang dapat dilipat sangat singkat tersebut harus terpaksa ditutup karena penjualan tiketnya rendah dan biaya operasionalnya tentu tinggi untuk penerbangan jarak pendek.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *