Gunung Agung Meletus, Klungkung Hujan Abu Tipis

Denpasar – Gunung Agung, Bali meletus. Sebagian daerah yang berada di sekitar Gunung Agung merasakan dampaknya.

“Situasi di Klungkung dari tadi pagi ada hujan abu tipis,” kata Kapolres Klungkung, AKBPP Bambang Tertianto saat dihubungi detikcom, Minggu (26/11/2017).

Abu tipis tersebut tidak menggangu aktivitas warga. Masyarakat Klungkung masih tetap beraktivitas seperti biasa.

“Kendaraan diparkir cukup lama, baru terasa ada abu tipis,” ujarnya.

Adapun di pos pantau, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, personel intelkam Polres Karangasem dan Polres Klungkung melaksanakan koordinasi dengan Kepala Bidang Mitigasi Pengamat Gunungapi Gede Suantika.

Data PVMBG, erupsi Gunung Agung teramati dengan kepulan asap pekat berwarna abu di ketinggian 2.000 meter dari atas puncak pada pukul 05.05 Wita. Kemudian kepulan asap pekat ini mengalami peningkatan pada pukul 05.45 dengan perkiraan ketinggian 3.000 meter dari atas puncak dan angin bertiup lemah ke arah timur dan tenggara.

“Alat seismograf di Pos Pantau Gunungapi Agung Kecamatan Rendang sampai saat ini masih merekam tremor menerus dengan amplitudo 1 – 2 mm (dominan 2 mm). Sampai saat ini pihak PVMBG belum ada rencana untuk meningkatkan status Gunung Agung dari level III (Siaga) jadi Level IV (Awas) karena tingkat gempa vulkanik masih belum signifikan,” ujarnya.

(Sumber : detik.com)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *