Google Bakal Hapus Riwayat Internet dan Lokasi secara Otomatis

Google berencana menghadirkan fitur penghapusan riwayat lokasi serta aktivitas internet secara otomatis. Fitur ini dibuat sebagai upaya Google memberikan kontrol data pribadi serta privasi penggunanya.

Saat ini fitur tersebut sudah tersedia, namun pengguna harus menghapusnya secara manual satu per satu.

Untuk melakukannya, bakal tiga opsi tambahan di menu pengaturan “Activity controls” yang ada di halaman akun Google, sebagaimana ilustrasi berikut.

Tampak dari gambar di tengah dan yang paling kanan, nantinya pengguna bisa mengklik tombol “Choose to delete automatically” untuk memanfaatkan fitur penghapusan secara otomatis.

Setelah itu, ada tiga opsi yang pengguna bisa pilih, yaitu menghapus riwayat secara manual, menghapus riwayat secara otomatis setelah 18 bulan, dan yang terakhir menghapus riwayat secara otomatis setelah 3 bulan tersimpan di Google.

Sebelumnya, tiga opsi ini tidak tersedia di pengaturan “Web & App Activity” dan “Location History”, sebagaimana tampak dari gambar paling kiri.

Meski sudah dibeberkan fungsi fiturnya, sayangnya, belum bisa dipastikan kapan fitur ini meluncur ke pengguna umum secara resmi. Sebab, Google hanya menyebut pembaruan ini bakal datang dalam beberapa minggu ke depan.

Terlepas dari itu, fitur penghapusan data atau riwayat secara otomatis ini belum menyambangi fitur riwayat data di layanan Google lainnya.

Dengan kata lain, untuk saat ini, hanya riwayat lokasi serta riwayat aktivitas web dan aplikasi saja yang bakal disambangi fitur penghapusan otomatis ini, sebagaimana dirangkum dari BBC, Senin (6/5/2019), Belum diketahui kapan pengguna mendapatkan fitur penghapusan otomatis ini beberapa layanan Google, seperti aktivitas streaming di YouTube dan histori perintah suara yang terekam di Google Assistant.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *