Gedung Putih Desak Mesir Tindak Tegas Pelaku Serangan Bom di Masjid Sinai

WASHINGTON – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyampaikan dukacita atas penyerangan Masjid Al Rawdah di Sinai, Mesir. Gedung Putih mendesak sebuah tindakan tegas oleh pemerintah Mesir atas ledakan bom dan penembakan yang telah menewaskan 235 orang yang sedang melaksanakan Salat Jumat itu.

“Tidak ada toleransi terhadap kelompok barbar yang mengklaim bertindak atas nama iman tapi menyerang rumah-rumah ibadah dan membunuh orang-orang yang tidak berdosa dan tak berdaya saat berdoa,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Washington Examiner, Sabtu (25/11/2017).

Hingga kini, belum ada pihak yang bertanggung jawab atas penyerangan tersebut. Namun, Gedung Putih yakin serangan tersebut dilakukan oleh kelompok militant ISIS yang aktif di kawasan perbatasan Israel dan Jalur Gaza.

“Masyarakat internasional harus terus memperkuat upayanya untuk mengalahkan kelompok teroris yang mengancam Amerika Serikat dan mitra kita. Kita harus secara kolektif mendiskreditkan ideologi ekstremis yang menjadi dasar keberadaan mereka,” tutur pihak Gedung Putih.

Tak hanya Gedung Putih, kecaman juga diberikan oleh pemimpin Amerika Serikat Donald Trump. Ia menyampaikan kecaman itu di akun Twitter-nya.

“Dunia tidak bisa menoleransi terorisme. Kita harus mengalahkan mereka secara militer dan mendiskreditkan ideologi ekstremis yang menjadi dasar keberadaan mereka!” ujar Trump.

Saksi mata mengatakan kepada surat kabar Mesir bahwa orang-orang bersenjata melepaskan tembakan. Mereka melakukan penembakan setelah meledakkan improvised explosive devices di samping masjid saat Salat Jumat.

Serangan ini bukan yang pertama kali terjadi di Mesir. Beberapa serangan terjadi sejak tiga tahun terakhir.

Mitra ISIS yang berafiliasi di Semenanjung Sinai mengklaim melakukan beberapa penyerangan. Beberapa di antaranya adalah pemboman gereja-gereja di Ibu Kota Mesir, Kairo, serta kota-kota lainnya. Aksi yang mereka lakukan telah menewaskan puluhan warga Mesir.

(Sumber : news.okezone.com)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *