EKSTREM..!!! Kaltara Kena Dampak Siklon Tropis

Tanjung Selor, Cuaca ekstrem yang melanda Tanjung Selor pada Jumat (22/12) malam. Tak hanya meruntuhkan atap Stadion Andi Tjajok. Sejumlah pohon di sekitar Taman Tepian Sungai Kayan pun bertumbangan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bulungan memperkirakan hujan deras dan angin kencang yang melanda Tanjung Selor tidak seperti biasanya. Apalagi, kecepatan angin sudah diambang batas normal yaitu antara 5-10 knot.

“Angin kencang untuk kecepatannya diperkirakan mencapai 37 knot,” sebut Raden Eko Sarjono, Forester BMKG Bulungan, Sabtu (23/12).

Untuk intensitas hujan, lanjut dia, sangat lebat dengan prakiraan 50 milimeter (mm) dalam tiga pertempat jam. Dia juga mengatakan, intensitas curah hujan deras masih akan terjadi selama 2-3 hari ke depan.

Hujan dan angin kencang pun berdampak pada perairan. Hal ini dikarenakan adanya dampak siklon tropis Tembin yang ada di sekitar wilayah Filipina. Siklon tropis Tembin sama halnya dengan badai. Wilayah Kalimantan Utara terkena dampak tidak langsung dari adanya siklon tropis Tembin tersebut.

“Kondisi cuaca semalam (Jumat malam) masuk kategori ekstrem. Karena meski hujan bercampur angin, tapi biasanya kecepatan angin capai 5-10 knot,” urainya.

(Sumber : bulungan.prokal.co)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *