Camat Geram Banyak Galian C Ilegal

LSM PELIK РSamarinda,  Aktivitas galian C ilegal di wilayah Kelurahan Tani Aman dan Harapan Baru membuat Camat Loa Janan Ilir Syahrudins geram. Bagaimana tidak, aktivitas penambangan batu gunung ilegal yang dilakukan warga itu selain merusak lingkungan juga mengakibatkan tanah longsor. Bahkan warga yang melakukan penambangan nyaris menjadi korban.

Seperti halnya yang terjadi Selasa (31/10) lalu, di Jalan HAMM Riffadin, RT 12, Kelurahan Tani Aman, dimana terjadi tanah longsor yang disebabkan aktivitas penambangan liar. “Dulu lokasi tersebut ditambang perusahaan, namun sudah lama ditutup. Setelah ditutup diam-diam warga ternyata melakukan aktivitas penggalian secara ilegal dan itu sangat membahayakan,” tutur Syahrudins.

Tindakan cepat pun dilakukan Syahrudins untuk mencegah jatuhnya korban. Namun yang dapat ia lakukan hanya sebatas menegur serta mengimbau warganya. “Bersama kelurahan, Babinkamtibmas dan Babinsa serta Satpol PP kecamatan kami lakukan peneguran untuk menghindari terjadinya tanah longsor yang dapat membahayakan bagi warga itu sendiri,” jelasnya.

Karena masih saja ada warga yang bandel, Syahrudins akhirnya memutuskan melaporkan aktivitas ilegal itu ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda. “Kami laporkan karena persoalan ini erat kaitannya dengan dampak lingkungan yang ditimbulkan,” terangnya.

Pengawasan di lapangan pun sampai saat ini masih dilakukan aparatur Kecamatan Loa Janan Ilir. Hal itu penting dilakukan agar dapat terus memantau kegiatan warga khususnya yang berkaitan dengan galian C.

“Kalau ada warga yang masih melakukan aktivitas penggalian langsung ditegur dan diimbau untuk menghentikannya. Karena itu kami libatkan Babinkamtibmas, Babinsa dan Satpol PP kelurahan,” pungkasnya.

(Sumber : samarinda.prokal.co)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *