Bangun Parit untuk Tangani Banjir di Samarinda Ulu, Berharap Bantuan Pemprov

LSM PELIK – Samarinda, Menangani polemik banjir di kawasan Air Putih, Samarinda Ulu, Pemkot Samarinda tampak kelimpungan. Mereka bahkan meminta bantuan pemprov untuk menyokong pembangunan drainase dari Polder Gang Indra.

Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Samarinda Budi Tristriyono mengatakan, parit itu nantinya akan membentang ke kawasan Jalan Banggeris, kemudian tembus ke Sungai Manggis. “Gubernur sudah setuju,” ujarnya, Kamis (22/6).

Dia menjelaskan, parit tersebut memiliki lebar hingga 5 meter. Keberadaannya untuk menopang aktivitas pembuangan air dari polder. “Sekarang kan hanya satu pompa saja yang digunakan. Itu karena salurannya kecil. Kalau parit itu ada, tiga pompa bisa digunakan bersamaan,” tutur dia.

Pembangunan parit itu diestimasikan menggunakan anggaran Rp 150 miliar. Tidak hanya di Jalan Pangeran Antasari, adanya parit itu diyakini bisa mempercepat turunnya genangan di Jalan Pangeran Suryanata. “Kan selama ini terhambatnya di Antasari. Makanya numpuk di Suryanata,” jelasnya.

“Akan kami ajukan bertahap. Tergantung keuangan saja. Kalau keuangan mendukung, dua tahun sudah selesai. Tapi kalau minim bisa saja lebih lama,” paparnya. Budi menggaransi program tersebut memiliki dampak besar terhadap penanganan banjir. “Bisa sampai 80 persen banjir di Antasari dan Suryanata tertangani,” pungkasnya.

(Sumber : Prokal.co)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *